HMI Cabang Semarang Siap Menyukseskan Pemilu Serentak 2024

0



Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Semarang siap menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024. Menjelang pelaksanaan Pemilu, HMI Cabang Semarang ikut berpartisipasi aktif melakukan edukasi dan pendidikan politik kepada generasi muda.


Seperti halnya yang dilakukan melalui gelaran Dialog Demokrasi di Gedung B Lantai 3 Fakultas Kedokteran Unissula Semarang, Senin (20/3/2023) lalu. Agenda bertema “Strategi Kolaborasi Sukseskan Pemilu Serentak 2024” ini menjadi bentuk partisipasi HMI Semarang dalam menyukseskan Pemilu 2024.


“Kegiatan Dialog Kebangsaan ini bertujuan untuk memberikan edukasi politik kepada seluruh kader HMI se-Cabang Semarang dan mahasiswa Unissula,” ujar Kepala Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP) HMI Cabang Semarang, Muhammad Ittakillahi Robbah.


Tachil, sapaan akrabnya menyatakan bahwa HMI Cabang Semarang berkomitmen untuk berpartisipasi dan terlibat aktif dalam rangkaian penyelenggaraan Pemilu serentak pada tahun 2024 mendatang. Hal ini juga menjadi bentuk tanggung jawab kader HMI sebagai insan akademis.


“Dalam rangka suksesi Pemilu serentak 2024, kita membuat Dialog Demokrasi ini, dan kedepan harus berkolaborasi menyusun strategi bersama sebagai bentuk tanggung jawab dan keberpihakan kita untuk produk Pemilu yang jelas dan bersih sesuai peraturan yang berlaku,” imbuhnya.


Ia menambahkan, hasil dari kegiatan Dialog Demokrasi ini akan menjadi stimulus untuk ke depan dalam menghadapi momentum politik yang penuh dinamika. Pasalnya polarisasi dalam masyarakat menjadi hal riskan menjelang pesta demokrasi 2024.


“Harapan bersama ke depan adalah adanya rencana tindak lanjut dari kegiatan Dialog Demokrasi ini. Dan keterlibatan masyarakat diharapkan lebih banyak dalam rangka mensukseskan hajat bersama yakni mencapai kedaulatan rakyat,” pungkas Tachil.


Sambutan Ketua Umum HMI Cabang Semarang menyampaikan bahwa dalam berjalannya proses demokrasi melalui Pemilu harus mengarah kepada kepentingan publik dan melibatkan semua golongan, teruma pemuda sebagai penerus dan pelurus sistem yang lebih baik. 


“Peran mahasiswa dan pemuda dalam tahapan pemilu harus terlibat aktif, dengan memperhatikan ruang partipasi, ruang alternatif pilihan dan perhatian kepada perilaku politik pemilih di Indonesia. Rendahnya partisipasi pemilih akan menjadi kegagalan Pemilu. Terlebih peran HMI juga harus terlibat aktif sebagai mitra kritis dan strategis penyelenggara Pemilu, agar tidak terjadinya korupsi politik” tambah Rosyid Hasibuan.


Ditambah dengan Surat Pemberitahuan PB HMI yang sudah terakeditasi oleh Bawaslu RI dengan Nomor: 11/PM.05/K1/8/2022 menerangkan kepada seluruh Pengurus Badko dan Cabang Seluruh Indonesia untuk mendaftar di Bawaslu setempat sebagai Pemantau Pemilu.


Dalam kegiatan ini, HMI Cabang Semarang menghadirkan sejumlah narasumber. Yaitu Ketua Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman, Komisioner KPU Kota Semarang Novi Maria Ulfah, dan Ditreskrimum Polda Jateng Kompol Agus Endro Wibowo.


Selain itu, kegiatan Dialog Demokrasi tersebut juga dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari kader di lingkup HMI Cabang Semarang, mahasiswa Unissula Semarang, dan perwakilan dari organisasi kepemudaan.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top