Simposium Perkaderan: Ruang Pertemuan Komisariat dengan Ide Perkaderan Baru

0
12 November 2022 

hmicabangsemarang.or.id, SEMARANG— Bidang PA HMI Cabang Semarang dan BPL HMI Cabang Semarang menyelenggarakan Simposium Perkaderan di Sekretariat HMI Cabang Semarang pada Sabtu (12/11/2022).

Simposium itu berisi pemaparan kondisi perkaderan di tiap komisariat dan sosialisasi buku Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Komisariat, yang dimaksudkan untuk menjadi pertemuan antara Bidang PA se-Cabang Semarang dalam bingkai perkaderan.

Simposium Perkaderan tersebut dimaksudkan jadi ruang kontemplatif untuk mengevaluasi penyelenggaraan perkaderan di tiap komisariat. Bahan evaluasi tersebut kemudian dijadikan wahana untuk menggali hal-hal baru dalam penyelenggaraan training atau kaderisasi di masa mendatang.

Ketua Bidang PA HMI Cabang Semarang Alwi Husein Al Habib menjelaskan bahwa posisi simposium ini penting dalam penyelenggaraan perkaderan.

“Supaya para pengurus khususnya bidang PA punya isu-isu baru, pemahaman, dan perspektif baru dalam kaderisasi untuk bisa diwujudkan dalam program kerja mereka,” jelasnya.

Alwi menyebut hubungan bidang PA dengan konteks Komisariat yang menyertai proses kaderisasi merupakan hal penting. Dengan begitu, kata dia, perkaderan yang dihasilkan tidak menjadi menara gading semata, akan tetapi benar-benar lahir dari proses yang dekat dengan masalah internal komisariat dan keresahan-keresahan yang ada.

Selain itu, Alwi berharap lewat simposium ini ada pembaharuan dan penyatuan pemahaman antar bidang PA.

“Kami minta Komisariat untuk menganalisis permasalahan kaderisasi di internalnya masing-masing. Kami juga memberikan kesempatan pada komisariat untuk mempresentasikan temuan-temuannya,” katanya.

Salah satu peserta simposium, Baba Dimas menyebut sangat terbantu dengan kegiatan tersebut.

“Karena sejatinya kita butuh banyak forum seperti ini untuk saling bertukar pikiran dan mengayak ulang proses-proses perkaderan untuk dibahas bersama di forum ini,” katanya.

Simposium Perkaderan, bagi Baba, jadi ruang penting untuk saling bertukar gagasan dalam perkaderan.

“Distribusi pengetahuan terjadi di sini, dan memang ini sangat membantu,” ujarnya.

Baba berharap kegiatan serupa diperbanyak lagi.

“Forum forum seperti ini harus diperbanyak supaya kita saling mengenal satu saman lain dengan kader Komisariat se-Cabang Semarang,” pungkasnya.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top