Sekilas Perjalanan intermediate Training (Lk II) Cabang Semarang

0
Penulis: Sulhan, Peserta LK2 asal Cabang Ciputat

Menjadi bagian dari paserta lk2 bukan lah suatu hal yang mudah tapi penuh dengan seleksi alam. pada mulanya aku merasa ketakutan untuk mengikuti Training pelatian Lk2 di Semarang. Hal tersebut bukan lah tanpa mendasar tapi disebabkan berapa faktor. Pertama. Para terdahulu menceritakan Lk2 sebagai Forum Nasional Yang mana Paserta_nya terdiri dari seluruh Indonesia dengan kapasitas yang berbeda, karekter, budaya berbeda-beda. Tak hanya itu forum lk2 sebagai Forum intektual untuk mengasah kapasitas, saling bertukar pikiran dan wawasan. Kedua. aku manusia yang paling bodoh, tidak mempunyai kapasitas untuk mengikuti Forum tersebut sebab selama ini tidak pernah membaca buku-buku tentang HMI, Namun Setidaknya sebelum aku berangkat Ke-LkII Mempunyai persiapan. Yaa kira-kira 70 persen lah. setelah sekian lama aku merenung, bermunajat, pada akhirnya memutuskan untuk mengikuti Intermediate Training di semarang. Semua berkat pertolongan Tuhan..

Pada tanggal 23 September 2022 bertepatan pada hari Jumat, awal pertemuanku dengan manusia hebat-hebat dengan karakter yang berbeda-beda, budaya berbeda tapi semua nya disatukan dengan Nasib yang sama, perjuangan yang sama yaitu meningkatkan kualitas dengan mengikuti Forum lk2. Inilah yang kemudian menjadi konsep gotong royong dan Bhineka tunggal Ika.

Screening Lk2.

Screening adalah salah satu seleksi masuk paserta lk2 untuk menguji kemampuan paserta sebatas mana kemampuan nya. Materi wajib screening dimulai dari Baca Alquran dan tulisan, wawasan Islam, wawasan Nusantara, Nilai-nilai dasar perjuangan, Sejarah HMI dan Konstitusi HMI. Disinilah aku mulai mengenal teman-teman dari seluruh Indonesia. Ada dari Mataram, Riau, Batam, Makassar, Probolinggo, Jombang, Jogja, Semarang, Tasikmalaya, Cirebon dan Bogor. Tentu hal demikian adalah suatu kebanggaan tersendiri dan menjadi simbol Bhineka tunggal Ika.

Dalam proses screening banyak hal yang kita lalui bersama, baik bahagia maupun Duka. Mulai dari belajar bareng, diskusi bareng, tidur bareng, makan bareng, Sholat bareng, ngopi bareng kecuali mandi Tidak bareng. Hehehe

Sinilah kita berjuang, berkorban, saling mendukung satu sama lain agar bisa mengikuti Intermediate Training hingga selesai. Kawan terasa saudara.

Dinamika screening selama 3 hari, tepatnya mulai tanggal 23-25 September 2022 banyak hal yang kita lalui bersama. Sulit untuk diceritakan tapi susah dilupakan. Biarkan semuanya menjadi kenangan.

Forum Training

Setelah kita melewati perjuangan berdarah-darah dalam Tahap Screening, Alhamdulillah Semuanya bisa mengikuti Forum lk2. Memang betul kata pepatah _" proses tidak akan menghiati hasil."_ Semua butuh perjuangan dan pengorbanan. Jangan kan pendidikan, cinta saja butuh perjuangan apalagi Pendidikan (Ilmu). Kira_kira begitu.
 
Pada hari pertama forum lk2, kita mulai serius mendengarkan Pameteri untuk menyampaikan materi - Nya. Ruang Dialekta terbuka seluas - luasnya. Jika Pameteri tidak kompeten, siap_siaplah diajar dengan habis. Tentu dengan Argumentasi yang logis.
Setiap hari begitu hingga selesai forum. Berdialekta, Saling tukar pikiran, kritisnya, foto bareng dan semacamnya( kecuali aku jarang foto bareng dengan kalian. Yaaa merangkap jabatan. Paserta sekaligus Fotografer.hhh).

Pernah suatu forum kita Berdialekta dengan panas, seru mengenai Ideologi apa yang cocok digunakan sekarang, dengan metode marketing agar orang lain bisa mengikuti ideologi_Nya. Kita terbagi menjadi 6 kelompok. Ada ideologi Liberalisme, Komunisme, Khilafah, sosialisme, fasisme dan kapitalisme. Saling adu argumentasi untuk menunjukkan keunggulan masing-masing dan pada akhirnya gak ada yang berhasil untuk mempengaruhi orang lain. hehe semua berpegang teguh dengan kelompok masing-masing. Hal demikian memberikan pemahaman bahwa ideologi yang tadi saya sebutkan tidak lah cocok untuk diterapkan Indonesia. Oleh sebab itu lah Fouding Father melahirkan Ideologi PANCASILA Yang digali dari nilai-nilai Nusantara.

Selain sebagai forum Intektual, Forum pendekatan emosional satu sama yang lain. Terlepas sebatas temen atau melebihi dari teman. Saya kurang tau. Silahkan tafsir kan sendiri.heehhehe. saling mencuri pandang antara cowok dan cewek. Tentu hal demikian manusiawi. Yang tidak manusiawi. Cowok memandang cowok dengan pandangan rasa batin.(LGBT).hehe. segera bawa kerumah sakit jiwa TOH....... 

Penutupan

Hampir 7 hari kita lalui bersama di forum lk2 dengan begitu banyak menguras tenaga dan pikiran, akhirnya sampai juga ke ujung acara.

Disinilah kita sadar betul bahwa pertemuan pasti ada perpisahan maskipun kita tidak sanggup berpisah dengan kalian. Yaa apalah daya Tuhan punya rencana terbaik buat hambanya.

Sebelum kita berpisah, foto bareng, sedih bareng, nyanyi bareng dan jalan_jalan bareng untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan. 

Keesokkan harinya kita mulai menjelajahi Tempat wisata Semarang. Yaa maskipun tidak semua nya sih. Kita ke Masjid Agung Semarang, kota lama Semarang dengan mengunakan Tranportasi Bus yang telah disediakan oleh panitia. Itu keharusan dan memang wajib. Ada sebagian yang mengunakan kendaraan pribadi (Motor) termasuk aku. Yaa alasannya lebih enak, enjoy dan lebih leluasa menikmati perjalanan sih.

Aku mulai menikmati perjalanan menuju masjid agung Semarang dan kota lama Semarang. Banyak hal yang aku dapatkan dalam perjalanan tersebut. Diantara salah satu nya adalah merasa nyaman dan bahagia. Seakan-akan hilang rasa beban kehidupan ini.

Ujung cerita bahwa perjalanan ini masih belum selesai sebab perjalanan kita masih panjang untuk menuju kehidupan yang hakiki yaitu keseimbangan antara aspek duniawi dan ukhrowi.

Yang paling penting adalah kita harus saling menokohkan satu sama yang lain agar mereka bisa menjadi manusia seutuhnya. Bahasa lain adalah Support Sistem.

#Yakusa
#SadaJiwa

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top