Sejumlah Kader HMI Cabang Semarang Ikuti Diklat Khutbah Jum'at, Ini Harapannya

0
Bidang PA HMI Cabang Semarang mengadakan Diklat Khutbah Jum'at yang diikuti oleh sejumlah peserta dari tiap komisariat di HMI Cabang Semarang pada Rabu (14/9/2022), kemarin. 

Materi disampaikan oleh Ustadz Su'udut Tasdik, Wakil Syuriyah PCINU Tiongkok yang juga merupakan dosen di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UIN Walisongo Semarang.

Alwi Husein Al Habib mengatakan pihaknya meyelenggarakan kegiatan diklat khutbah Jum'at supaya kader HMI bisa kembali mengisi ruang-ruang dakwah yang salah satunya adalah dengan khutbah. Ia juga menargetkan akan mendistribusikan kader-kader HMI agar bisa khutbah di masjid masjid di Semarang.

“Melalui diklat khutbah Jum'at ini, harapannya kader HMI bisa kembali mengisi ruang-ruang dakwah. Tentu setelah ini kami akan distribusikan kader-kader HMI untuk berkhutbah di Masjid-Masjid sekitar Semarang,” kata Alwi H.A, Kabid PA HMI Cabang Semarang.

Pemateri menjelaskan dakwah adalah sarana indoktrinasi yang efisien karena dalam khutbah Jum'at tidak ada istilah interupsi. Suudut Tasdik juga menguraikan mengenai rukunrukun khutbah Jumat. 

“yang pertama memuji Allah SWT, bersholawat kepada nabi, membaca penggalan ayat Al-Quran, ada nasihat atau wasiat tentang ketakwaan serta membaca doa dan permohonan ampunan. Ini merupakan 5 rukun khutbah Jumat, yang harus dipenuhi dan sakral,” jelasnya.

Pemateri juga menjelaskan bahwa khatib Jumat harus tahu betul apa saja rukun dan syaratnya. Dan hal ini berdampak pada tidaknya sahnya shalat Jumat.

“Berbeda dengan ceramah keagamaan biasa yang boleh ada, boleh tidak. Kalau rukun khutbah satu saja terlewat, maka jumatannya bisa tidak sah,” lanjutnya.

Tujuan dari pelatihan khutbah ini, agar kader HMI bisa mengimplementasikan materi dari awal sampai akhir serta memastikan kemampuan dan pemahaman peserta pada pelatihan ini. Selain itu, harpannya ke depannya kader HMI bia mengisi menjadi khatib di tiap masjid di Semarang.

Peserta yang hadir ada dari berbagai Komisariat. Diantaranya; Ilham Rindra (kom. Dakwah Walisongo), Rafi (Kom. Fisip UNDIP), Wafiq Akbar Hasibuan (Kom. Iqbal Walisongo), Fazri Mohehu (HMI Cabang Semarang), Fikri Haikal Hidayat(Kom. FPP UNDIP), Mohammad Nayaka Rama Yoga (Kom. Dakwah Walisongo), Paisal Saniy Nasution (Kom. Syariah Walisongo), Ilham Rosyid Hasibuan (Ketua HMI Cabang Semarang), Sirojul Munir (Kom. FITK), Faqih (Kom. Iqbal Walisongo), dan Adiyaksa Rahman (Kom. Fisip UNDIP).

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top