Bidang PU x KPP HMI Cabang Semarang Kolaborasi Jelang Kurban

0

 


Semarang - HMI Cabang Semarang melalui Bidang Pemberdayaan Umat (PU) dan Bidang Kewirausahaan dan Pengembangan Profesi (KPP) menyediakan hewan kurban untuk Idul Adha tahun ini yang bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1443 atau 10 Juli 2022 mendatang.


M. Sirojul Munir, Departemen bidang Hubungan Lembaga Islam PU mengatakan bahwa proker ini dibuat untuk memfasilitasi kader dan KAHMI yang ingin berkurban.


"Proker ini kami buat sebagai upaya memfasilitasi kader dan KAHMI yang ingin berkurban. Kami sudah mendapatkan channel yang terpercaya yang bersedia kami ajak bekerja sama dalam penyediaan hewan kurban ini," jelas mahasiswa asal Kendal sekaligus Ketua Penyelenggara kegiatan tersebut.


Ia juga menjelaskan bahwa hal ini sebagai upaya untuk meneladani kisah mulia Nabi Ibrahim dalam berkurban sebagai bukti ketaatannya kepada Allah Swt..


"Dulu Nabi Ibrahim berkurban sebanyak 1000 ekor domba, 300 ekor sapi, dan 100 ekor unta. Bahkan, dalam suatu riwayat dikatakan bahwa jika Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk mengurbankan anaknya, dia pasti akan melakukannya. Maka kemudian dia diuji oleh Allah dengan dikaruniai anak laki-laki yang sebenarnya sangat dinanti-nantikan kehadirannya olehnya bersama sang istri. Sebab, sebelumnya Nabi Ibrahim bersama istrinya pernah diuji oleh Allah dengan tidak dikaruniai anak sampai usianya dan istrinya sudah terbilang sangat tua dan tidak mungkin lagi bagi istrinya untuk hamil. Namun karena ketaatannya, ketika Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah untuk menyembelih putra kesayangannya tersebut, dia tetap melaksanakannya setelah sebelumnya meminta pertimbangan kepada anaknya yang akan dikurbankan tersebut, meski sebenarnya dalam hatinya dia tidak tega untuk melakukannya. Namun ketika dia hendak menyembelih putranya, Allah kemudian menggantinya dengan seekor domba yang besar. Kisah ini diceritakan di dalam QS. ash-Shaffat: 100-107,” urainya.


"Ini merupakan contoh teladan yang patut kita tiru. Meski mungkin kita belum bisa berkurban sebanyak itu, setidaknya kita telah berusaha untuk berkurban semampunya," lanjutnya.


Bidang PU HMI Cabang Semarang juga menawarkan bagi yang ingin berkurban tapi belum punya cukup uang, HMI Cabang Semarang juga memfasilitasi untuk patungan (iuran bersama).


"Bagi KAHMI yang mau berqurban sapi, urunan 1 ekor sapi/7 orang itu Rp. 3.300.000,00, sedangkan 1 ekor kambing/domba itu untuk 1 orang, harganya sesuai dengan katalog," pungkas Rafi, Wasekum Bidang PU HMI Cabang Semarang.***

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top